Rabu, 11 Januari 2012

Dua Sisi Dua dunia


            Malem ni gag tau kenapa semakin malem..(apa sii?!).  gak tau kenapa kepala ini puyeng abis,, entah karena kepikiran utang daster atau panci ya..?? bukan – bukan, yang jelas bukan itu. trus apa donk?! Tuh kan jadi beneran puyeng. Udah balik lagi,,  ini gara – gara tes sidik jari yang aku ikutin di kampus tadi pagi. Bee keren banget pagi – pagi Bapak dosen tanpa diundang datang dengan bawa peralatan canggih men,, mirip banget sama peralatan nyokap aku kalo mau masak. Dia taruh peralatan itu di atas meja, dengan bahasa bataknya yang khas dia bicara : “ehem.. anak – anak selamat pagi, Bapak di sini bawa alat yang namanya tes Stifin”. WusSS keren bener pas pertama kali aku denger itu nama. Tanpa komando ada temenku  yang rada nyablak langsung bilang “makanan apa tu pak,, kagag penting banget “ si bapak dosen tiba – tiba langsung diam dengan wajah memerah,, padahal aku juga gak tau itu apaan belum sempet dosenya jawab, ehh.. dosennya langsung keluar tanpa dianter, mirip banget sama jelangkung men (Ups!).

            Selang beberapa detik kemudian si dosen balik lagi dan berkata “ maaf bapak tadi kebelet”  (Menn.. ane pikir marah ntu orang..). Sampe mana kita tadi?! Ohh ya tes stifin. Kata dosen aku, tes stifin itu adalah tes untuk mengetahui kepribadian dan mesin kecerdasan kita, melalui sidik jari. Keren kan?? Begitu tau manfaatnya wuhh,, aku langsung maju ke barisan nomor satu untuk ikutan. Pas uda mau nempelin  jari – jari kritingku eh,,  si dosen melanjutkan kreditan ucapanya tadi : “oke biayanya sebesar Dua ratus ribu rupiah”. Damn! Begitu taugak  gratis aku pun langsung berjalan mundur kayak undur – undur, biasa men aku ini kan hemat,, bukan kere cuman waktu itu lagi gak punya duit.

            Setelah aku pikir - pikir,, meneliti, menela’ah dan menimbang ada brapa kilo bawang kemaren. Aku putusin buat ikutan ntu tes Stifin. Biar gimana pun mungkin itu bisa jadi modal untuk langkah aku selanjutnya. Tes stifin itu sebenarnya bukan tes yang gimana – gimana,, cukup dengan menempelkan jari - jari kita, mulai dari jempol ke jempol lagi.. (berarti 10 jari). Wuhh sempet deg – degan juga sich,  pas ngitungin jariku, siapa tau kayak gelas nya nyokapku, beli sepuluh bonus satu. Klo jari aku kayak gitu. wah – wah bisa gawat. dan ternyata.. *eng ing eng* alhamdullilah pas sepuluh (prook.. prokk.. prok..)
            Tes Stifin ntu hasilnya bisa di peroleh setelah beberapa hari karena kata dosenku, kalau tesnya langsung di pusatnya (Jakarta – klo aku gak salah) hasilnya bisa langsung nongol. Berhubung lewat cabang makanya data – datanya harus dikirim dulu kemarkas pusat,,  baru deh ntar kalo udah ada hasilnya baru dikirim balik lagi.

            Setelah beberapa hari aku bertaffakkur menunggu kabaran dari si dosen,, akhirnya  sakuku bergetar juga,, pas aku liat.. ehh sms dari pangeran bergitar yang ngajakin ujan – ujan,, maklum emang lagi musim ujan juga.. meski kadang kalo ujan gag turun – turun kita sering main air dikali deket rumahku.. oke balik lagi. Selanjutnya aku tetep fokus pada getaran dari ponsel berikutnya, ternyata yang ditunggu dateng juga.. Pentoel Unyil! Uhmm ujan – ujan gini pas deh kalo makan pentoel unyil dengan sambel super pedas yang bikin mulut ini dower .. saking nikmatnya makan gak brasa ponsel ku getar – getar,, mungkin saking capeknya getarin ponsel aku ,, akhirnya aku di panggil sama si dosenya secara manual lewat temen aku : “ dew dicari tu sama pak Faqih, jangan lupa bawa uang pembayaranya yah” . ouhh.. kalo denger masalah bayar – bayar nii,, aku agak gimana gitu. Selesai bayar pentoel unyil tadi,, aku ngeliat kedaleman dompetku.. gila! Doku tinggal lima puluh empat ribu limaratus rupiah cuy.. yang empat ribu lima ratus pas buat bensin motor,,  nah sisa lima puluh ribu ini jelas gak cukup buat bayar (pikir ku sambil garuk – garuk rambutnya temen aku) dengan sedikit menahan malu,, aku samperin dosenya dan berharap si Bapak dosenku kesambet malaikat biar aku bisa nyicil bayar 50 ribu dulu.

            Aku berjalan menuju kantor dosenku,, dengan perasaan ragu – ragu. menaiki 4 tangga.. kemudian aku mikir  “nemuin dosen gak ya?”  lalu turun 1 tangga,, kemudian  naik lagi 3 tangga. (Haa jadi brasa main ular tangga). Kemudian aku dapat wangsit “ayo dewi,, kamu betina Tangguh!” hajar blehh akhirnya aku bulatin juga tekadku pake pensil 2B untuk nemuin si Bapak dosen dengan menaiki tetanggaku. Eh menaiki tangga maksudnya.

            Pas ngetuk pintu, aku dipersilakan masuk.. aku masuk perlahan dan menyapa dengan sopan,, soalnya aku memang anaknya suka sopan. (efek nyokap yang selalu masak sopan). Aku duduk dengan tegangan tinggi. Kemudian si dosen menyodorkan hasil sambil berkata :  “yah dewi,, ini hasilmu.. kamu bisa konsultasi gratis kalau ada masalah yah”. aku cuman menggangguk dan berharap si dosen lupa tentang pembayaranya. “oke semua dua ratus ribu yah” uh! Mampus deh.. orangnya inget.. dengan tampang yang memprihatinkan aku  ngomong kalo uangnya kurang, jadi cuman bisa bayar lima puluh ribu. Si dosen yang mendengar penjelasan ku terdiam, lalu berdiri dan merampas hasil tes-nya! Merobek – robek lalu aku dihajar! Di tampar,, di injak – injak dikucek lalu dibilas..!! “bagaimana dewi?!” lalu aku tersadar ternyata tadi hanya lamunan hororku.. “maaf  pak uangnya kurang” jelasku dengan cemas. Kemudian pak dosen hanya berkata : “ oh ya ndak papa dicicil aja sampe 4 kali ” huftt betapa leganya dengar si dosen bilang begitu. Secepat kilat aku berterima kasih lalu cepet - cepet kabur sebelum si dosen berubah pikiran.
  Hasil tes Stifin sidik jariku berikut dengan sertifikat stifin dan buku  panduanya, sudah dalam genggaman. aku eja satu persatu, Ternyata mesin kecerdasan ku “Feeling Introvet” (Fi) yang artinya.. uhmm eee uhmm.. aku gak tau >,<  pokoknya yang jelas makhluk dengan tipe kayak begitu cocok untuk terjun bebas ke dunia politisi,, konseling, budayawan dan lain – lain. Ini nih,, puncaknya yang bikin aku dilema abis.  Rasa-rasanya itu bukan aku banget,, bayangin aku jadi politisi,, mana ada politisi yang maniak tidur, dimana – mana khususnya Indonesia politisi itu jarang tidur soalnya kalau dirumah atau dikantor selalu mikirin kemajuan politik di Indonesia. Makanya kalau rapat sering ketiduran.. kan kasian. trus konseling tempatnya pengaduan masalah,, hei boy.. Muka ku aja bermasalah malah bantuin masalah orang, bisa – bisa masalah gak berkurang malah nambah,, ini nih yang  gak bisa aku pahami, Budayawan duch! Tolong deh,, aku cewek men, yah meski semi cewek aku tetaplah cewek, masak jadi budayawan?! Harusnya budayawati donk. (sebenarnya yang oon sapa si??)

Tapi setelah aku pikir – pikir apakah aku bisa berpikir,, mungkin gak ada salahnya mencoba. Toh  hasil itu dari jari – jari ku sendiri. Apapun makananya,, eh.. apapun minumanya.. alah! Pokoknya yang terpenting apapun genrenya yang terpenting adalah konsistensi, totalitas dan fokus dengan apa yang ingin kita raih dimasa depan. Banyak jalan menuju kali tempat aku bersama pangeran bergitar mandi. Begitu juga dengan masa depan. toh dengan bersungguh – sunguh semua dalam meraih apa yang ingin diraih.. bentoel tidak?!

Woyo..!! salam awet muda \(n,n)/

2 komentar:

  1. waktu itu dikampusku hanya seharga 30rbu loh ^^ karena lagi jadi sponsor acara. sayangnya aku gak nyoba :( karena kaga ada temen yang mau ikutan #plak hahaa...

    BalasHapus
  2. iyakkk kogh 30 puluh ribuu.. mahal yaa,.

    #kagag kuning tu pipi neng??

    BalasHapus